L O G I N    M E M B E R
Username
Password   
Daftar  Aktifasi    Lupa   
Silabus MK Magister Manajemen

Mata Kuliah Keahlian Manajemen (MKKM)

Manajemen Operasi (3 sks)
Memberikan pemahaman tentang manajemen operasi yang merupakan fungsi yang sangat penting dalam setiap jenis bisnis. Mata Kuliah ini menjelaskan :

  • Peran keputusan dan tanggung-jawab operasi dalam setiap jenis bisnis
  • Dampak dari keputusan operasi terhadap perusahaan dan pentingnya pengambilan keputusan

Cross - Functional dalam suatu perusahaan, baik perusahaan manufaktur maupun perusahaan jasa 

  •  manajemen operasi dalam dunia bisnis global

Pokok bahasan :
Global Competency based Strategy, Process Design, Service Blue Printing, Quality Management, Six Sigma, Strategic Capacity Planning, Aggreagate Operation  Planning and Schedulling, MRP, ERP, Inventory Control, Mass Customization, Supply chain Management, JIT, virtual operation.

 

Manajemen Sumberdaya Manusia (3 sks)
Memberikan pemahaman tentang manajemen sumber daya manusia melalui pembahasan  permasalahan yang dihadapi manajemen SDM  perusahaan dalam menghadapi berbagai perubahan kondisi ekonomi, kemajuan teknologi,  dan  dalam upaya menjadi organisasi yang kompetitif dalam memenuhi tantangan bisnis global. Mata kuliah ini menjelaskan :

  • Peran manajemen SDM dalam mendukung keberhasilan strategi bisnis
  • Strategi manajemen SDM dalam menghadapi globalisasi
  • Manajemen SDM perusahaan global
  • Pengadaan SDM perusahaan : Perencanaan SDM, Rekrutmen, Seleksi dan Training
  • Strategi Pengembangan SDM
  • Strategi Kompensasi dan Sistem Balas Jasa
  • Manajemen Kinerja

Pokok bahasan :
Manajemen SDM dalam berbagai strategi bisnis, SDM Kunci Menuju Pasar Global, Manajemen Strategi dalam MSDM, Faktor Lingkungan (Kesamaan Kedudukan dan Peluang Kerja), Analisis dan Desain Pekerjaan, Perencanaan SDM, Proses Seleksi dan Penempatan SDM, Training, dan Pengembangan SDM, Manajemen Kinerja, Penggajian (Struktur Gaji, Metode Penggajian, dan Tunjangan), Hubungan Kerja, Mengelola SDM dalam perusahaan Global.

 

Manajemen Pemasaran 3 sks
Memberikan pemahaman tentang  paradigma baru manajemen pemasaran dalam era customer relationship. Mata kuliah ini menjelaskan :

  • Customer Driven Marketing Strategy,
  • Intelligence Marketing
  • Manajemen proses pemasaran dalam framework ’Customer Relationships’
  • Pemasaran dalam Era Digital

Pokok bahasan :
Konsep Dasar Manajemen Pemasaran;  Perilaku Pasar dan Konsumen;  Proses Perencanaan dan Pemasaran Strategis: Lingkungan Pemasaran, Manajemen Informasi Pemasaran,  Segmentation, Targeting, and Positioning;Product and Service, and Branding Strategy; Marketing Channel,Supply Chain Management; Strategi Pengembangan Produk baru; Strategi dan Taktik Harga; Strategi Promosi; Integrated Marketing Communication; 
Strategi Pemasaran dalam era Digital,
Program Pemasaran Global

 

Manajemen Keuangan (3 sks)
Memberikan pemahaman yang komprehensif dan mendalam baik dalam teori,  konsep dan metode yang berkaitan dengan pengambilan keputusan  keuangan jangka  panjang korporasi.  Mata kuliah ini menjelaskan :

  • Keuangan korporasi dan perannya pada bisnis,
  • Analisis keuangan dengan mempertimbangkan nilai waktu uang,
  • Penilaian proyek penganggaran modal,
  • Pengelolaan resiko di dalam keputusan keuangan,
  • Manajemen pendanaan,
  • Pengambilan  keputusan deviden yang optimal dilakukan dan 
  • Analisis keuangan yang terkait dengan nilai perusahaan dalam keputusan keuangan korporasi.

Pokok bahasan
Tinjauan Keuangan Korporasi,  Pasar Keuangan dan NPV, Penilaian Obligasi dan Saham,  Kriteria Peranggaran Modal,  Arus Kas Terdiskonto dan Keputusan Investasi,  Resiko dan Pengembalian : CAPM, Resiko dan Pengembalian : ATP, Resiko-Pengembalian dan Peranggaran Modal,  Keputusan Pendanaan Korporasi dan Pasar Modal Efisiensi,  Struktur Modal : Konsep Dasar,  Struktu Modal : Batas Penggunaan Uang,  Kebijakan Deviden, Penggabungan dan Pengambilalihan.

Teori Organisasi  (3 sks)
Menjelaskan tentang aplikasi teori
organisasi dalam lingkungan bisnis.
Mata kuliah ini menjelaskan :

  • penyusunan dan pengembangan organisasi sesuai kondisi perusahaan, 
  • pengelolaan organisasi secara baik.

Pokok bahasan :
Organisasi,  Mendesain Struktur Organisasi,  Lingkungan Organisasi,  Lingkungan Teknologi,  Mengelola Proses Organisasi,  Mengelola Proses Organisasi,  dan Studi Kasus.

Manajemen Strategik  (3 sks)
Menjelaskan proses pembuatan rencana bisnis yang terintegrasi beserta rencana implementasinya melalui kemampuan analisis kritis atas konsep dan konteks manajemen strategis perusahaan. 
Mata kuliah ini menjelaskan :

  • Pelaksanaan proses perencanaan perusahaan yang terintegrasi,  
  • Pembuat rencana implementasi operasional bisnis, 
  • Pengembangan strategi untuk mengatasi berbagai permasalahan yang diakibatkan persaingan bisnis,
  • Perancangan menajemen untuk mengelola perubahan.

Pokok bahasan  : 
Basic Concepts of Strategic Management, Inrtenal Scructiny-Corporate Analysis,  Environmental Scanning and Industry Analysis,  Vision-Mission and Objectives,  Strategy Formulation,  Strategy Implementation and Control,  The Balance Score-card, Managing Intenational Strategic Alliances,  Risk Management,  Competence Based Competition,  Management of Change.

Entrepreneurship (3 sks)
Memberikan pemahaman dalam mengaplikasikan entrepreneurship pada perusahaan dengan mengelola kreatifitas dan keterlibatan organisasi sehingga perusahaan menjadi kompetitif.
Mata Kuliah ini menjelaskan :

  • Tujuan Entrepreneurship maupun prinsipnya.
  • Karakteristik Entrepreneur.
  • Mampu memahami masalah lingkungan terkait
  • dengan tugas, personaliti, dan karir, serta keterlibatan organisasi dalam masalah enterpreneurship.
  • Pengelolaan kreativitas dan peningkatan kreatifitas SDM dalam perusahaan pada setiap tahap pertumbuhan perusahaan, dari mulai tahap pengenalan, pertumbuhan dan matang.
  • Pengembangan bisnis perusahaan di setiap tahap pertumbuhan: buka usaha, waralaba, alihdaya (outsource), Akuisisi dan Merger
  • Memberikan pengalaman-pengalaman dari perusahaan yang gagal

Pokok bahasan :
Pengantar Entrepreneurship, Mengelola Kreativitas dan Studi Kasusnya, Entrepreneurship dan Studi Kasusnya, Prespektif Entrepreneurship, Keterlibatan Organisasi dan  Studi Kasusnya, Enterpreneurship dalam Perusahaan yang Matang dan Studi Kasusnya, Kegiatan Entrepreneurship

Metodologi Penelitian Bisnis (3 sks)
Menjelaskan bahasa ilmiah dalam kegiatan penelitian dengan prosedur ilmiah yang benar.  Menguasai pengajuan rencana penelitian dengan menggunakan standar yang benar.
Mata Kuliah ini menjelaskan:

  •  Penyusunan rumus masalah penelitian,
  •  Menentukan metode penelitian,
  •  Penggunakan landasan teori, dan
  •  Pernyataan secara deduktif/induktif,
  •  Membedakan berbagai jenis hipotesis beserta pengujiannya,
  •  Teknik pengambilan data, dan
  •  Pengolahan data baik kualitatif maupun kuantitatif,
  •  Pengajuan Usulan/Proposal Penelitian,
  •  Presentasi ilmiah.

Pokok bahasan :
Konsep Dasar Penelitian, Langkah Awal dan Desain Penelitian, Populasi dan Sampling, Skala Pengukuran dan Instrumen Riset, Teknik Pengumpulan Data dan Analisis Data, Menetapkan Judul dan Rancangan Penelitian, Penelaahan Hasil Penelitian (Manajemen SDM, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, dan Manajemen Produksi), Menyusun Usulan/Proposal Penelitian Bisnis (Tesis), Teknik Penulisan Ilmiah, Teknik Presentasi, Presentasi, dan Teknik Penyusunan Usulan/Proposal Penelitian.

 

Etika Bisnis (3 sks)
Meningkatkan pemahaman dan keyakinan akan pentingnya penerapan etika bisnis dalam kegiatan usaha. Mata Kuliah ini menjelaskan:

  • Latar-belakang perlunya etika bisnis,
  • Teori dan sejarah etika bisnis,
  • Pembuatan simulasi etika bisnis dalam kegiatan sehari-hari, dan
  • Kasus praktek penerapan etika bisnis di berbagai perusahaan dan negara.

Pokok bahasan :
Etika Utilitarian, Etika Deontologi, Bisnis dan Masyarakat, Bisnis dan Pelanggan, Bisnis
dan Karyawan, Etika Bisnis Internasional.

Seminar dan Tesis (6 sks)
Penyusunan Tesis merupakan kegiatan pada akhir masa studi wajib dilakukan oleh mahasiswa untuk menentukan selesainya program studi yang diambil sesuai dengan konsentrasi bidang manajemen yang diambil. Seminar dilakukan sebagai forum pra-ujian sidang tesis, sebelum mahasiswa menempuh ujian sidang tesis.  Kegiatan seminar dan penyusunan tesis diharakan mahasiswa mampu penyusunan laporan hasil kajian/studi  bidang manajemen konsentrasi yang diambilnya dengan berdasarkan hasil penelitian, serta mempresentasikan dan mempertahankan hasil studi tersebut di hadapan Sidang Komisi Penguji.

 

Mata Kuliah Keahlian Konsentrasi (MKKK)
 
Manajemen Keuangan

Keuangan Internasional (3 sks)
Memberikan pemahaman tentang kinerja keuangan perusahaan yang tidak terlepas dari jaringan internasional dan pengelolaan keuangan perusahaan dengan berbagai permasalahannya yang terkait dengan persoalan internasional. 
Mata Kuliah ini menjelaskan :

  • Lingkungan keuangan internasional dan perilaku Exchange Rate serta antisipasi yang perlu dilakukan oleh manajemen perusahaan
  • Resiko exchange rate dan
  • Pengelolaannya
  • Short term asset liability dan long term asset liability.

Pokok bahasan
Tinjauan Umum Keuangan Internasional,  Sistem Moneter Internasional-Arus Dana Internasional dan Pasar Keuangan Internasional, Foreign Exchange Market,  Future and Option Market,  Pergerakan Nilai Tukar,  Intenational Arbitrage,  Paritas Suku Bunga,  Forex Forcasting,  Forex Exposure,  Forex Risk Management and Hedging, Short Term Asset Liability Management,  Foreign Direct and Portofolio Investment,  Foreign Invesment Decisions,  Long Term Financing Management,  Country Risk and Debt Crisis. 

Analisis Investasi dan Manaj. Resiko (3 sks)
Menjelaskan berbagai masalah dalam bidang investasi dan keuangan dan penyelesaiannya dari sisi manajemen dan investor. 
Mata Kuliah ini menjelaskan :

  • Analisis laporan keuangan,
  • Matematika keuangan : PV, annuitas,  perpetuity, model risk-return dan model valuation. 
  • Peran instrument derivative dan manajemen resiko, dan
  • Manajemen resiko dalam dunia keuangan, terutama dalam masa kritis.

Pokok bahasan  : 
Teori Portofolio, Model Capital Asset Pricing-Single Index Factor and Arbitrage Pricing Theory,  Market Efficiency Bond Prices dan Yield,  The Term Structure of Interest Rate-Fixed Income Portofolio Management,  Introduction to Investment-Fixed Income Potofolio Management, How Secrurities are Traded-Mutual Fund and Other Investment Companies,  Macroeconomic and Industry Analysis Equity Valuation Model,  Financial Statement Analysis,  Risk Management Analysis,  Futures-Forward and Swap,  International Diversification the Process of Portofolio Hedging,  Risk Management and Hedging

Institusi Depositori dan Pasar Modal (3 sks)
Memberkan pemahaman tentang keterkaitan institusi depositori dan pasar modal dalam perkembangan perekonomian dewasa ini, serta memberikan analisis yang substantive terhadap bdang keuangan ini.
Mata kuliah ini menjelaskan :

  • Identifikasi semua institusi depositori, perusahaan asuransi, reksa dana, dan pasar modal di dalam industri jasa keuangan.
  • Aplikasi teori keuangan dalam menganalisis peran institusi keuangan dan pasar modal dalam menganalisis kasus-kasus keuangan yang terjadi.
  • Perbaikan dalam penentuan kebijakan dalam industri sektor jasa keuangan.

Pokok bahasan :
Tinjauan menyeluruh komponen industri jasa keuangan, Industri depositori perusahaan asuransi, Perusahaan sekuritas, Bank investasi, Reksadana, Mengukur resiko intermediasi keuangan, dan mengendalikan resiko keuangan.

E-Commerce dan Internet Ekonomi (3 sks)
Memberikan pemahaman paradigma ekonomi digital baru dalam teknologi informasi dan internet dan aplikasi e-commerce untuk meningkatkan daya saing perusahaan di era ekonomi dan informasi global. Menumbuhkan jiwa Entreprenerur melalui bisnis dengan menggunakan perangkat teknologi website secara on-line. 
Mata Kuliah ini menjelaskan :

  • Konsep ekonomi baru,
  • Eknologi internet,
  • Konsep e-business dan konsep e-commerce. 
  • Aspek pasar dan hukum pada e-commerce dan penerapannya. 

Pokok bahasan
Pendahuluan Internet dan E-commerce, Tipe E-commerce dan E-commerce Trust,  Internet Ekonomi,  Pemasaran dalam Internet,  Pengenalan Desain Web,  Pengenalan Shopping Chart,  Kejahatan dalam Dunia Internet,  Pengenalan Mobile-Commerce,  Simulasi E-commerce.

 

 

 

Mata Kuliah Keahlian Konsentrasi (MKKK)
 
Manajemen Sumberdaya Manusia

 

Perencanaan Sumberdaya Manusia (3 sks)
Memberikan pemahaman dan aplikasi perencanaaan permintaan dan ketersediaan sumber daya manusia (SDM), sehingga perusahaan dapat mengoptimalkan peran SDM dalam meningkatkan posisi saing perusahaan. 
Mata Kuliah ini menjelaskan :

  • Perumusan kebutuhan SDM perusahaan,
  • Analisis kemampuan SDM pada saat ini,
  • Peramalan kebutuhan SDM pada masa yang akan dating, 
  • Perencanaan strategis SDM untuk memenuhi kebutuhan perusahaan di masa depan.

Pokok bahasan :
Pentingnya Perencanaan SDM,  Lingkungan Perencanaan SDM,  Implementasi Perencanaan SDM dan Kaitannya dengan Perencanaan
Strategis,  Peramalan Kebutuhan SDM,  Model Peramalan dan Aplikasinya,  Dasar Perencanaan : Analisis Pekerjaan,  Perbaikan Kinerja SDM,  Penilaian Kinerja Individu,  Perencanaan Penggajian, Perencanaan Karir,  Perencanaan Suksesi,  Perencanaan Peluang Karir,  Perencanaan Karir Individu,  Pengaruh Perencanaan SDM,  Pengkajian/Studi Kasus.

Budaya Organisasi (3 sks)
Memberikan penjelasan tentang peran budaya organisasi dalam mengefektifkan organisasi/perusahaan.
Mata Kuliah ini menjelaskan :

  • Penyelarasan system manajemen dengan system budaya dalam daur hidup organisasi,
  • Hubungan budaya nasional dan budaya organisasi sehingga organisasi/perusahaan mampu kompetitif di era globalisasi.

Pokok bahasan
Pendahuluan-Pengertian Budaya Organisasi-Tujuan dan Fungsi-Landasan Penerapannya, Analisis Budaya Organisasi, Budaya Organisasi sebagai Input, Budaya Organisasi sebagai Output, Pelaksanaan Budaya Organisasi, Proses Sosialisasi Budaya Organisasi,  Evaluasi Fungsi Budaya Organisasi, Menggali Budaya Organisasi di Perusahaan/Bisnis/Lembaga, Mengembangkan dan Memodifikasi Budaya Organisasi, Seminar Kajian Budaya Organisasi.

Evaluasi Kinerja Sumberdaya Manusia (3 sks)
Menjelaskan aplikasi evaluasi kinerja sumber daya manusia (SDM) dan manfaatnya dalam meningkatkan posisi saing perusahaan.
Mata Kuliah ini menjelaskan :

  • menyusun sistem dan evaluasi kinerja SDM,
  • mampu mengelola kinerja para pekerja dari semua tingkatan jabatan.   

Pokok bahasan :
Dasar-dasar Manajemen Kinerja, Proses Manajemen Kinerja, 360 Derajat Feedback,  Pengenalan terhadap Penilaian Kinerja,  Pencapaian Misi Organisasi,  Job Contens
dan Job Requirement, Proses Pembobotan dan Penilaian, Penetapan Sasaran (Goal Setting), Administrasi Kinerja-Interview dan Conselling Kinerja, Teknik dan Metode Penilaian Kinerja,  Penilaian dan Waktu–Menyusun Sistem Penilaian Kinerja,  Penilaian Kinerja dan Penyesuaian Kompetensi-Assesment Potensi-Penilaian-Pengembangan Karyawan dan Produktivitas Organisasi.

E-Commerce dan Internet Ekonomi (3 sks)
Memberikan pemahaman paradigma ekonomi digital baru dalam teknologi informasi dan internet dan aplikasi e-commerce untuk meningkatkan daya saing perusahaan di era ekonomi dan informasi global. Menumbuhkan jiwa Entrepreneur melalui bisnis dengan menggunakan perangkat teknologi website secara on-line. 
Mata Kuliah ini menjelaskan :

  • Konsep ekonomi baru,
  • Teknologi internet,
  • Konsep e-business dan konsep e-commerce. 
  • Aspek pasar dan hukum pada e-commerce dan penerapannya. 

Pokok bahasan
Pendahuluan-Internet dan E-commerce, Tipe E-commerce dan E-commerce Trust,  Internet Ekonomi,  Pemasaran dalam Internet,  Pengenalan Desain Web,  Pengenalan Shopping Chart,  Kejahatan dalam Dunia Internet,  Pengenalan Mobile-Commerce,  Simulasi E-commerce.

 

Mata Kuliah Keahlian Konsentrasi (MKKK)

 Manajemen Pemasaran

Pemasaran Internasional (3 sks)
Memberikan pemahaman dan aplikasi konsep pemasaran internasional meliputi analisis pasar, perencanaan, implementasi dan pengendalian dalam menghadapi pasar internasional,
serta penentuan strategi perusahaan yang berhadapan dengan pasar global. 
Mata Kuliah ini menjelaskan :

  • Lingkungan pasar global beserta kecenderungan perubahannya. 
  • Analisis pasar internasional, segmentasi, dan penentuan pasar/negara tujuan pemasaran perusahaan, strategi pemasaran  internasional. 
  • Menyusun program pemasaran internasional (program produk, harga, distribusi, dan promosi). 
  • Persiapan untuk implementasi strategi dan program pemasaran untuk pasar global, serta melakukan pengendalian dan evaluasi.

 

Pokok bahasan
Overview Pemasaran Internasional,  Lingkungan Pemasaran Global,  Segmentasi-Penentuan Pasar Sasaran dan positioning di Pasar Global, Strategi Memasuki Pasar Internasional, Strategi Pasar Global, Keputusan Produk dan Merek Global,  Keputusan Harga pada Pasar Internasional, Saluran Pasar Global,  Komunikasi Pemasaran Global, Organisasi Pemasaran Global, dan Pengedalian Pasar Global.

Riset Pemasaran( 3 sks)
Menjelaskan riset pemasaran yang melibatkan sederetan kegiatan yang memiliki hubungan erat satu sama lain dan peran riset pemasaran di dalam kebijakan pemasaran
Mata Kuliah ini menjelaskan :

  •  Kaitan masalah dalam manajemen pemasaran dan perumusan masalah penelitian,
  •  Berbagai alternatif rancangan penelitian pemasaran,
  •  Pemilihan dan penggunaan teknik analisis data uni-variat dan multi-variate,
  •  Implikasi manajerial dari hasil analisis yang diperoleh,  Mampu menyusun.

Pokok bahasan
Tinjauan Riset Pemasaran, Penyusunan Proposal Riset Pemasaran, Jenis Riset dan Pengumpulan Data,  Pengukuran Variabel-Validitas dan Reliabilitas, Desain Kuesioner-Sampling-Analisis, Data-Pengujian Hipotesis dan Beberapa Bidang Aplikasi, Desain Eksperimental, Penambahan Beberapa Bentuk Aplikasi Riset Pemasaran, Aplikasi Analisis Data Dasar, Aplikasi Anova-Korelasi dan Regresi, Aplikasi Multi Dimensional Scaling dan Conjoint, Aplikasi Analisis Kluster dan Analisis Diskriminan,  Aplikasi Multi-variat dan Analisis Faktor, Aplikasi Struktural Equation Model, Presentasi Kajian Kelompok.

Pemasaran Strategik (3 sks)
Memberikan pemahaman dalam merancang suatu strategi dan program pemasaran dengan mempertimbangkan dan menyesuaikan diri terhadap kondisi eksternal yang selalu berubah berdasarkan konsep Market Driven Strategies.  
Mata Kuliah ini menjelaskan :

  • Konsep Market Driven Strategies (MDS),
  • Analisis situasi pasar saat ini dan memprediksi pasar  masa datang. 
  • Perancangan MDS meliputi penentuan pasar dan positioning strategic, relationship strategis, serta perencanaan produk baru. 
  • Pengembangan program pemasaran yang berfokus pada pasar (Merek Strategis, Value Chain Relationship, Harga, Promosi dan Program Penjualan). 
  • Implementasi strategi melalui penyusunan organisasi pemasaran dan system pengendalian pemasaran.

 

Pokok bahasan
Tinjauan Umum Market Driven Strategies., Bianis dan Strategi Pemasaran,  Market Vision dan Analisis Pasar,  Segmentasi Pasar,  Sistem Informasi Pemasaran, Penentuan Pasar Sasaran dan Penempatan Strategik,  Relationship Strategics, Perencanaan Produk

 

Baru, Manajemen Merek Strategik, Mengelola Value Chain Relationship, Strategi harga, Strategi Periklanan dan Promosi Penjualan, Strategi Tenaga Penjual dan Pemasaran Langsung,  Organisasi Market Driven Strategies, Implementasi dan Pengendalian Strategi Pemasaran.

E-Commerce dan Internet Ekonomi (3 sks)
Memberikan pemahaman paradigma ekonomi digital baru dalam teknologi informasi dan internet dan aplikasi e-commerce untuk meningkatkan daya saing perusahaan di era ekonomi dan informasi global. Menumbuhkan jiwa Entrepreneur melalui bisnis dengan menggunakan perangkat teknologi website secara on-line. 
Mata Kuliah ini menjelaskan :

  • Konsep ekonomi baru,
  • Eknologi internet,
  • Konsep e-business dan konsep e-commerce. 
  • Aspek pasar dan hukum pada e-commerce dan penerapannya. 

 

Pokok bahasan
Pendahuluan-Internet dan E-commerce, Tipe E-commerce dan E-commerce Trust,  Internet Ekonomi,  Pemasaran dalam Internet,  Pengenalan Desain Web,  Pengenalan Shopping Chart,  Kejahatan dalam Dunia Internet,  Pengenalan Mobile-Commerce,  Simulasi E-commerce.

 

Mata Kuliah Keahlian Konsentrasi (MKKK)

Manajemen Operasi

 

Manaj. Kehandalan dan Perawatan (3 sks)
Memberikan pemahaman akan perencanaan implementasi dan evaluasi fungsi manajemen yang berorientasi pada kehandalan dan perawatan.
Mata kuliah ini menjelaskan :

  • Kehandalan dan perawatan,
  • Perangkat analitis untuk mengambil keputusan

dalam rangka pemecahan masalah manajemen kehandalan dan perawatan.

Pokok bahasan
The Study of Reliability and Maintainability, Basic Reliability Models, The Analysis of Failure Data,  Application, Maintainability, Planning for Maintainability,  Organization for Maintainability, The measurement of Maintainability,  Development Maintenance Concept,  Maintainability,  Analysis, Maintainability in Design, Maintainability Prediction,  Maintenance Task Analysis (MTA).

Teknologi Manajemen dan Ekonomi (3 sks)
Memberikan pemahaman mengenai pengaruh teknologi terhadap produktivitas dan kualitas, serta peranannya dalam penghematan biaya.
Mata kuliah ini menjelaskan :

  • Hubungan antara kegiatan teknologi dan manajemen,
  • Pemilihan teknologi yang akan digunakan oleh suatu unit organisasi, 
  • Perancangan sistem usaha untuk menghasilkan nilai tambah dengan memadukan kemampuan dalam manajemen teknologi.

Pokok bahasan
Perspectives Management of Technology, The Technology Cycle Approach to Technology Management,  The Technological Base of The Company,  The Corporate Board and The Need for Technology Analysis,  Technology Analysis Fondation for Technological Expertise, Managing Tecnological Based Inovation,  Methodologies-Tools-and Techniques, The Learning Organization,  Managing Management of Technology Process,  Measuring The Banefits from Managing Technology.

Manajemen Mutu (3 sks)
Memberikan pemahaman tentang prinsip manajemen mutu dan perangkat analisis untuk
mengambil keputusan dalam rangka pemecahan masalah mutu yang terintegrasi.
Memberikan penjelasan tentang :

  • Prinsip manajemen mutu,
  • Perangkat analitis untuk mengambil keputusan dalam rangka pemecahan masalah mutu terintegrasi,
  • Perencanaan implementasi dan
  • Evaluasi fungsi manajemen yang berorientasi pada mutu.

Pokok bahasan
Quality-Concept-Philosophy and Systems,  Experience of Quality,  Creation of Quality-Fundamental Strategic an Tactical Quality Tools. Creatian of Quality-Definition and Design, Managerial Dimensions,  Planning and Controlling of Quality, Organizing-Design and development-Quality Information Systems and decision,  Quality Cost Accounting and Performance Control,  Total Quality Management Application.

E-Commerce dan Internet Ekonomi (3 sks)
Memberikan pemahaman paradigma ekonomi digital baru dalam teknologi informasi dan internet dan aplikasi e-commerce untuk meningkatkan daya saing perusahaan di era ekonomi dan informasi global. Menumbuhkan jiwa Entrepreneur melalui bisnis dengan menggunakan perangkat teknologi website secara on-line. 
Mata Kuliah ini menjelaskan :

  • Konsep ekonomi baru,
  • Eknologi internet,
  • Konsep e-business dan konsep e-commerce. 
  • Aspek pasar dan hukum pada e-commerce dan penerapannya. 

Pokok bahasan
Pendahuluan-Internet dan E-commerce, Tipe E-commerce dan E-commerce Trust,  Internet Ekonomi,  Pemasaran dalam Internet,  Pengenalan Desain Web,  Pengenalan Shopping Chart,  Kejahatan dalam Dunia Internet,  Pengenalan Mobile-Commerce,  Simulasi E-commerce.




2006 © Copyright Program Pasca Sarjana
Universitas Mercu Buana.
All rights reserved.

KAMPUS MENTENG :
Gedung Tedja Buana Lt.4, 5, & 6
Jl. Menteng Raya No.29 Jakarta Pusat
TELP : (021) 3193-5454, 3193-4471, 3193-4482 FAX:(021) 3193-4474


KAMPUS MERUYA :
Jl. Meruya Selatan, Kebun Jeruk - Jakarta Barat
Telepon: 021-5840816 (hunting) ext. 2600, 5857722 Fax: 021-5857733

KAMPUS DEPOK :
Gedung LIA Depok
Jl. Margonda Raya No. 200 - Depok
Telepon: 021-23732662, 7758448


KAMPUS BEKASI :
Jl Raya Keranggan No 6 Jatisampurna - Bekasi
Telepon: 021-5840816 (hunting) ext. 2600, 5857722